Denny Wirawan

Denny Wirawan adalah seorang perancang busana yang membawa pencerahan di industri mode Indonesia selama dua puluh tahun, di mana Ia memulai semuanya pada tahun 2005. Seniman yang berkarisma ini, telah menerima beberapa penghargaan yang prestisius dari berbagai media serta badan industri seperti Majalah Tatler Indonesia (2016), Cosmopolitan Indonesia dan International Textiles and Costume Congress.

Dikenal berkat karyanya yang khas dalam menciptakan sebuah pola yang tak beraturan ke dalam satu gaya dengan konsep padu padan berlapis, bintang muda Hollywood seperti Atiqah Hasiholan pun sangat antusias membalut dirinya dengan mengenakan koleksi dari sang desainer. Keterlibatan Denny Wirawan dalam melestarikan kain tradisional warisan bangsa Indonesia diketahui sebagai wastra yang dapat dilihat pada hasil karyanya, BALIJAVA dengan menyuguhkan koleksi busana siap pakai dan lini mewahnya.

Sementara untuk koleksi etniknya, Denny Wirawan telah memproduksi dan menggabungkan wastra yang merupakan kain tradisional khas Indonesia seperti, batik, seni ikat celup, tenun tangan serta ikat ke dalam desainnya sejak tahun 2008. Di tahun 2015, Denny Wirawan bersama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation melakukan kolaborasi pameran mode untuk koleksi perdana dari Balijava Batik Kudus dengan mempersembahkan koleksi busana siap pakai dengan menggunakan bahan-bahan dari Batik Kudus yang juga menggandeng Majalah Harper’s Bazaar Indonesia sebagai mitra medianya.


“Warna Warni Legok Kalong”


Batik Pekalongan merupakan jenis batik pesisir yang unik. Motif yang biasa dipakai di Batik Pekalongan, mulai dari motif dengan ornamen natural yang didominasi dengan warna-warna cerah, motif Jlamprang (geometris) yang dipengaruhi dengan kebudayaan Hindu Syiwa, dan banyak lagi. Batik Pekalongan juga sangat memperhatikan detil dan isian, seperti cecek pitu atau cecek garis-garis yang menjadi salah satu ciri khasnya. Ekspresi warna-warna yang cerah, desain corak, dan ornamen yang atraktif telah memikat mata seorang Denny Wirawan untuk menghasilkan daya cipta koleksi siap pakai yang menanamkan etnis dan memanfaatkan bahan tradisional dalam balutan pola modern pada koleksi terbaru ini.

Presentasi koleksi BaliJava karya Denny Wirawan ini dipersembahkan dalam 6 set koleksi yang menampilkan set busana wanita yang ‘free spirit’ dalam gaya casual, edgy namun tetap elegan. Dalam koleksi ini, Denny Wirawan masih setia dengan ciri khasnya bermain tabrak motif (clash pattern) dari Batik Pekalongan seperti: motif tumbuhan, motif burung Pheonix, motif Jlamprang dan motif warna-warna cerah yang menjadi ciri khas Batik Pekalongan. Ekspresi kebebasan ditampilkan dalam detail yang beragam mulai dari embroidery dan sulam yang diaplikasikan pada detail atasan ringan melambai, outer, rok dan celana dalam konsep padu padan berlapis – yang selama ini merupakan gaya andalan Denny Wirawan masih menjadi penguat rangkaian koleksi dengan nafas Batik Pekalongan ini.



Gallery